Refleksi Praktek Harmful Traditional Practices di Indonesia

Astuti, Dwi and Lestari, Rosalia Widhiastuti Sri (2020) Refleksi Praktek Harmful Traditional Practices di Indonesia. Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 13 (2). pp. 184-198. ISSN 2548-9887

[img] Text
jurnal Praktek Harmful Traditional Practies di Indonesia.pdf

Download (637kB)
Official URL: https://doi.org/10.35905/al-maiyyah.v13i2.730

Abstract

Fenomena kekerasan seksual kepada perempuan yang terjadi di beberapa negara termasuk di Indonesia, diyakini bukan hanya merupakan fenomena hukum semata, tetapi juga terkait erat dengan persoalan tradisi masyarakat, yang sarat dengan konstruksi ketidakadilan relasi gender, atau disebut dengan harmful traditional practices. Kekerasan seksual kepada perempuan berbasis tradisi ini sering luput dari perhatian karena dianggap sebagai hal yang biasa, namun sesungguhnya merupakan praktek-praktek yang sangat merugikan bagi kaum perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian pustaka (library research). Penelitian ini mengambarkan penyelesaian masalah kekerasan seksual kepada perempuan berbasis tradisi harus diselesaikan dari nilai-nilai tradisi yang mendasari munculnya harmful traditional practices. Persoalan ini dapat diselesaikan dengan beberapa langkah yaitu merubah aturan dalam tradisi yang menimbulkan harmful traditional practices, penyadaran tentang kesetaraan gender, pengintegrasian kesetaraan gender dalam lembaga penegakkan hukum dan pembuat kebijakan serta memberdayakan perempuan untuk melawan praktek-praktek harmfu traditional practices.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: rosalia widhiastuti
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:43
Last Modified: 05 Jul 2022 15:13
URI: http://repository.ugk.ac.id/id/eprint/1

Actions (login required)

View Item View Item