STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA TINGKAT SLTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Karnadjaja, Djuniawan (2023) STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA TINGKAT SLTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6 (2). pp. 26-55. ISSN 2655-6022

[img] Text
14036 - Published Version

Download (3kB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Tantangan pendidikan pada tingkat SLTA pada abad 21 ini khususnya di Indonesia tidak hanya berfokus pada masalah konvensional yaitu pemerataan dan pemenuhan akses, sarana prasarana dan pembiayaan pendidikan, tetapi juga kualitas lulusan yang harus memiliki intelekual yang ahli dibidangnya sekaligus mempunyai moralitas tinggi. Melihat kondisi tersebut ketersediaan sumber daya manusia yang berkarakter merupakan kebutuhan yang sangat penting. Ini dilakukan untuk mempersiapkan tantangan global dan daya saing bangsa, Sekolah Menengah atas harus mampu menyiapkan generasi yang memiliki kompetensi dan karakter yang baik (good character), dengan demikian strategi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning membutuhkan suatu perencanaan yang terintegrasi. Implementasi pendidikan karakter beserta monitoring dan evaluasinya pun harus disiapkan dengan seoptimal mungkin. konsep pendidikan karakter secara terprogram dengan sebuah strategi yang baik seperti halnya strategi moral knowing, moral modelling, moral feeling ang loving, moral acting, punishment, habituasi. Hendaknya diterapkan di setiap sekolah tinggi hingga peserta didik memiliki satu kesatuan karakter baik yang tak terpisahkan (knowing, feeling, and acting) dalam kehidupan keseharianya. Kata Kunci: Strategi Penguatan, Pendidikan Karakater, & Project Based Learning.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Djuniawan Karna Djaja
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:04
Last Modified: 22 Feb 2024 05:04
URI: http://repository.ugk.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item